Espresso Book Machine | Mesin Buku POD Sesungguhnya

Beberapa waktu lalu, saya iseng lihat-lihat video di Youtube. Sebab saya selalu tertarik pada buku dan segala hal di seputarannya, maka akhirnya saya mengetik kata kunci dengan kategori Print on Deman, POD, Book, Printing, Publish Book dll di mesin pencari Youtube. Hingga saya sampai pada sebuah video (sebenarnya beberapa) yang menayangkan bagaimana mesin Print on Demand sesungguhnya.

Saya nyaris menumpahkan segelas iler di depan layar komputer. Espresso Book Machine namanya. Mesin ini membuat saya terpukau! Bagaimana tidak, ternyata di dunia ini, bukan hanya kopi yang bisa dibuat instant dengan mesin espresso, buku pun tak mau kalah.

Dalam video tersebut, seorang wanita membeli buku di sebuah toko buku. Dengan hanya melihat-lihat dan memencet-mencet katalog buku yang tersedia di layar komputer, terus next, next anda next, maka kita akan dipertontonkan sebuah penemuan yang menakjubkan: bagaimana kertas keluar, mencetak dokumen, tersusun sendiri, digerakkan menuju cover buku, dilem dan dipotong tanpa sentuhan tangan manusia, dan hanya menggunakan satu mesin. Mesin gila bernama Espresso Book! Kemudian… plak!! Rasanya seperti ditampar, saat saya harus menyaksikan buku sudah selesai cetak hanya dalam hitungan menit. Sialan betul!

Saya akan memposting video tersebut, kemudian memberi banyak info tentang mesin ‘jahannam’ itu. Tapi tunggu ya, koneksi saya sedang lemot dan data-data belum terkumpul sepenuhnya. Besok atau lusa mudahan sudah lengkap. Saya ingin mengajak kamu yang pecinta buku, pada ngiler semua! Hahaha.

____

Berikut ini video Esspreso Book Machine yang saya janjikan:

 

Comments

Komentar

  1. hamlennon berkata:

    Saya dah liat videonya bung, lha kok ga di embeded di postingannya. Jadikan kita ga usah repot-repot ke Youtube klo mau nonton. Tau caranya ga? hehehehe…..

  2. YeN berkata:

    langsung absen nih :p
    saya baru denger ceritanya aja udah ngiler bang..
    selamat atas domain barunya ya :)

  3. nurhayat arif permana berkata:

    apa boleh buat, itulah risiko kemajuan teknologi. tinggal kita putar otak terus memaknai dunia yg semakin instan ini…

    1. Irwan Bajang berkata:

      hehe, tapi bisa jadi penemuan ini akan memberi kita bergerak lebih cepat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. terlebih, penemuannya tentu telah melampoi proses pemikiran dan eksperimen yang ketat hingga membuahkan hasil. selamat datang di new wave :)

  4. yayan triyansyah berkata:

    dasar ngileran… bweekkk