Rayap, Paradoks Ekosistem dan Pakaian Saya

Beberapa hari ini saya sedang dibuat kesal oleh binatang yang bernama rayap. Pasalnya, ketika saya memeriksa pakaian di lemari, koloni rayap banyak sekali di sana, mereka menggerogoti pakaian saya. Sekitar dua bulan yang lalu, hal serupa pernah terjadi. Saya berhasil mengusirnya dengan membersihkan rumah yang mereka bangun, menyapunya dan menabur kapur barus di seputaran lokasi yang dikuasai rayap.

Padahal saya benci sekali dengan kapur barus. Kapur barus mengingatkan saya pada kematian kakek waktu saya kecil. Waktu itu saya berusi sekitar enam tahun, kakek saya sakit keras dan meninggal. Mayatnya, atau mungkin kain kafannya ditaburi (entahlah, mungkin juga dioleskan kapur barus, saya kurang paham). Sejak itu saya tahu, bahwa semua orang meninggal yang dikuburkan, selalu disertai dengan kapur barus. “Biar nggak gampang dimakan rayap,” begitu kata beberapa orang. Sejak itu, setiap ada orang yang meninggal, saya selalu waspada. Saya selalu mencoba menjauh. Saya benci mencium aroma kapur barus. Kapur barus saya identikkan dengan aroma kematian.

Banyak orang bilang kapur barus aromanya biasa saja. Mereka menaruhnya di lemari, agar baju tidak apek. Tapi saya tetap saja tidak setuju, kapur barus, sekali lagi mengingatkan saya pada kematian kakek saya. Kapur barus adalah aroma kematian. Meyeramkan! Dan bayangkanlah (wahai pembaca yang mau membaca tulisan saya ini), permusuhan saya dengan kapur barus, ternyata harus berakhir akibat kumpulan makhluk kecil bernama rayap.

Rayap di lemari ternyata tak hanya menghabisi banyak pakaian saya yang jarang dipakai, tapi juga menggerogoti buku-buku, refrensi satu kardus untuk sebuah novel saya yang belum rampung. Bagian inilah bagian yang paling menjengkelkan. Satu kardus referensi berupa fotokopian yang saya dapat dari keliling banyak perpustakaan, nyaris rusak dan tak terbaca akibat ulah rayap-rayap itu. Saya jengkel. Saya harus berperang dengan rayap. Dua hari yang lalu, saya kembali membersihkan tanah dalam lemari, memindah pakaian dan juga memindah lemari. Tentu saja menabur kapur barus yang aromanya memuakkan. Dengan harapan, rayap itu tak datang lagi ke lokasi baru lemari saya.

Berbicara tentang rayap, rayap merupakan makhluk prasejarah. Ia berfungsi sebagai pengurai kayu dalam ekosistem kehidupan. Tanpa kehadiran mereka, bumi ini pasti akan penuh oleh sampah kayu yang membusuk. Rayap sebenarnya memiliki peran penting, tapi bagi sebuah bangunan yang sengaja dibangun bukan untuk limbah kayu, rayap adalah musuh yang mengganggu.

Rayap banyak disalah artikan sebagai semut putih, yaitu sebuah kelompok serangga sosial yang pada umumnya diklasifikasikan sebagai ordo Isoptera. Isopera berasal dari bahasa Yunani (iso = sama dan ptera = sayap). Rayap pada umumnya mengkonsumsi pohon yang sudah mati atau kering. Ia juga ‘menyikat’ tangkai daun pada tumbuhan, akar pohon, juga bangkai hewan yang membusuk. Di daerah subtropis dan tropis, kemampuan mereka mendaur ulang kayu dan bahan tanaman lain adalah hal yang penting bagi keseimbangan ekologi. Namun bagi bangunan, tentu saja rayap adalah hama. Mereka dapat menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan, tanaman atau hutan plantasi.  Sebagai serangga sosial, rayap hidup dalam bentuk koloni. Sebuah koloni mapan dapat beranggotakan ratusan hingga jutaan individual.

‘Dirayapi’ adalah konsekuensi atas berdirinya sebuah bangunan. Pembangunan rumah, hotel atau gedung lainnya tentu saja dimulai dari pembukaan lahan, yang mungkin pada awalnya adalah habitat koloni untuk mencari makan rayap. Rayap hidup di bawah tanah.  Dari sanalah mereka datang dan menyerang rumah, bangunan atau hotel. Setelah lahan mereka berubah jadi bangunan, otomatis sumber makanan mereka hilang, dan bangunan tersebutlah yang menjadi sasaran.

Begitulah rayap, ia adalah hewan yang penting, namun perpindahan dan perkembangan manusia membuat posisinya bisa berubah jauh dari posisi semula. Penyeimbang ekosistem berubah menjadi hama, penyakit dan gangguan bangunan.

Dalam kehidupan, contoh semacam ini acap kali biasa terjadi. Semua tergantung lokasi, waktu dan tentu saja kebutuhan. Tak jarang, teman yang berfungsi sebagai pelengkap kehidupan, teman bercerita dan berbagi banyak hal bisa berubah fungsi. Mungkin bisa menjadi musuh, lawan atau mungkin ancaman.

Saya tidak sedang mengajak pembaca sekalian mengambil filosofi rayap lo. Saya hanya ingin cerita, di rumah yang saya kontrak saat ini, banyak rayap. Mereka memakan pakaian, kayu lemari dan buku-buku saya. Mungkin kejadian ini bisa terjadi pada Anda sekalian. Jadi, jangan tiru saya yang tak rajin mengecek secara berkala pakaian saya, buku saya. Ceklah berkala, taburkan obat anti rayap. Sekarang sudah banyak lo alat, bahkan obat untuk membunuh koloni rayap. Kasian sekali rayap, posisinya paradoks. Mesin ekosistem sekaligus hama. Tapi kasian lagi saya, saya jarang beli kemeja, kebanyakan pakai kaos oblong. Yang diserang rayap justru kemeja-kemeja saya. Bukankah kemeja jauh lebih mahal dari kaos oblong? :'(

Ada yang mau sumbang kemeja?

Comments

Komentar

  1. […] in Cerita Saya. Beberapa hari ini saya sedang dibuat kesal oleh binatang yang bernama rayap. Pasalnya, ketika saya memeriksa pakaian di lemari, koloni Baca Selengkapnya: http://irwanbajang.com/2011/10/rayap-paradoks-ekosistem-dan-pakaian-saya/ […]

  2. tumirah berkata:

    APA MAU BIKIN KEMEJA AJA DARI PADA KAOS OBLONG?

    1. Irwan Bajang berkata:

      @Tumirah: boleh dunk, bikinkan ya mbak tum tum

  3. grayrose berkata:

    sabar yah mas…say tau banget perasaan mas saat ini, saya turut berduka cita mas atas kemeja mas yang mungkin belum sempat menghirup kapur barus (lho) #kidding
    btw, traumanya mas atas kapur barus ngeri juga ya…mungkin suggest doank, musdh2an segera ilang traumanya…jadi mas konsen deh untuk menghentikan perkembangbiakan rayap2 tersebut… :)
    (thx berkunjung ke blogku yah) salam blog walking

    1. Irwan Bajang berkata:

      @Grayrose: hehe, nasib memang. makanya, harus menyatakan perang dengan rayap. :)
      kalau masalah kapur barus, itu taruma sejak kecil, susah sekali dihilangkan. memang sih bisa, tapi kenangan masa silam susah sekali, sudah melekat dalam hati.

  4. ade berkata:

    Nanti dibelikan kemeja se-Galeria yaaa….
    Untuk kapur barus, ternyata kita punya trauma yg sama, dgn alasan yg sama pula. *menghela nafas panjang*
    Salam utk rayap2 dirumahmu, smoga ndak kerasan lg mrk dsana! amien :)

  5. Ι wаs able tо find good infοrmation from your blog ρоstѕ.

  6. I do trust all оf the ideas you have preѕеnted for yοuг
    pοst. Тhеу аre гeallу convincing and can сeгtаinly
    ωork. Nοnethelеѕs, the posts aгe too
    short fоr nеωbieѕ. Could уou please prolong
    thеm a bіt frоm next time? Thank уou for
    the pοѕt.

  7. Үouг style is гeally unіque in compaгison to other ρeople
    I've read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this web site.

  8. usfastcash.com berkata:

    I waѕ pretty pleased to find this great ѕіte.
    I need to to thаnk you for your time due to thiѕ fantastіc
    read!! I ԁefinіtеly savored eνery part
    of it anԁ I havе yοu book-mаrked to
    see nеw stuff in уour ѕite.

  9. I'm геallу loѵing the theme/ԁesign of уour weblog.
    Do you eνег run into any internet broωser comρatіbіlitу ρroblemѕ?
    Α cοuplе of my blοg visіtoгs haѵе complaineԁ abоut my sіte not
    wоrkіng cοrrectly in Exρlorer but looks gгeat
    in Fiгefox. Do you havе аnу suggestionѕ
    to help fiх this prοblem?

  10. Obat Anti Rayap berkata:

    Termite baiting from australia in indonesia, low cost. and also dont forget to visit my site, Thank You

  11. Probably the most damage has been done by attendees to my surfaces.

  12. <a href="http://blog.fortalezadeofertas.com.br/buy-cheap-mac-makeup-cheap-bmvaw-317/">buy cheap mac makeup This Is A Cheap BMVAW 317 | Blog Fortaleza de Ofertas</a> <a href="http://www.stalllandborgen.nu/mac-cosmetics-comprar-online-reliable-quality-ca7a4-589/">mac cosmetics comprar online Reliable Quality CA7A4 589 | Stall Landborgen</a> <a href="http://ideazon.ru/%d0%bd%d0%be%d0%b2%d0%be%d1%81%d1%82%d0%b8/mac-nw45-foundation-buy-k60kv-200.html">mac nw45 foundation Buy K60KV 200 | 袠薪褌械褉械褋薪褘械 懈写械懈, 褋褌褉芯懈褌械谢褜褋褌胁芯 懈 芯褌写械谢泻邪 写芯屑芯胁, 卸懈谢褜褟 懈 锌褉. 褋胁芯懈屑懈 褉褍泻邪屑懈</a> <a href="http://www.issadesign.com/buy-mac-wholesale-take-advantage-of-these-prices-now-ragvw-341/">buy mac wholesale Take Advantage of These Prices Now RAGVW 341 | issa Design</a> <a href="http://earthlingexperience.com/?p=581">where sells mac makeup uk Save in Every Aisle Products E6AHE 299 | Earthling Experience</a> <a href="http://adizconsulting.com/mac-cosmetics-lipglass-latest-information-about-jekek-839/">mac cosmetics lipglass Latest Information About JEKEK 839</a>
    小泻邪褔邪褌褜 斜械褋锌谢邪褌薪芯 mac makeup travel bag Many Happy Returns 8CBMI 981 鈥?芦 小泻邪褔邪褌褜 Java 袠谐褉褘 薪邪 褌械谢械褎芯薪. 袣邪褉褌懈薪泻懈, 褌械泻褋褌褘 褋屑褋, 褉懈薪谐褌芯薪褘, 褌械屑褘 薪邪 屑芯斜懈谢褜薪褘泄 褌械谢械褎芯薪. http://mobik.org/33536