Laporan Hari Kedua dan Pembukaan Hari Ketiga #5BukuDalamHidupku

Hari kedua sudah rampung, mari memasuki hari berikutnya.

Hari kedua ini menjadi hari yang lumayan melelahkan bagi saya. Tautan buku di hari kedua untuk program mudik bareng #5BukuDalamHidupku bermunculan di detik pertama setelah pukul 00.00. Luar biasa sekali semangat para blogger ini. Lalu tautan itu bagai hujan sepanjang hari, tak hentinya berduyun-duyun, menderas di lini kala twitter saya dan di dinding facebook, juga bunyi tang ting tang ting notifikasi di surel dan dashboar tumblr juga kompasiana. Ragam buku makin banyak, pagi hari diserang Dragonball, Conan, Doraemon, sebelumnya dini hari diserang naskah teater. Siang hari makin beragam, buku how to, buku agama, fiksi remaja semakin berhamburan tak terbendung. Sore hingga jelang usai hari, buku Goenawan Mohamad, John Steinbeck, Andrea Hirata, Seno Gumira dan kawanan fiksi lain, Djenar, Ayu Utami juga makin banyak dipilih.

Buku agama tulisan Yusuf Mansyur bahkan nongol di detik-detik awal hari kedua tadi. Penutupan ini banyak diisi buku-buku yang tidak saya kenal juga buku-buku yang sekilas saja saya tahu, ada Lupus, Raditya Dhika dan beberapa buku komedi juga masuk. Oh ya, buku pelajaran seperti kamus, RPUL, kamus kanji dan sebagainya juga sangat banyak. Termasuk juga buku berbahasa asing dan catatan perjalanan. Mengagetkannya lagi, BUKU NIKAH juga sudah mulai muncul. Hahaha.

Seperti hari pertama, ratusan tautan dan posting tentang buku sudah menyerang kotak-kotak komunikasi saya. Juga ada beberapa orang yang kecewa karena baru tahu infoproyek ini tadi. Bagaimanapun itu, hari ketiga tentu akan menjadi makin sulit bagi para blogger, mereka akan memilih lagi buku ketiga yang mereka tuliskan. Besok akan tersisa dua buku saja, buku yang tentu akan dipilih dengan sangat hati-hati, sebab dua hari ke depan, terutama hari terakhir adalah hari di mana posting harus dikunci dengan sempurna.

Saya sudah mengantuk, saya sudah membuat databased hari 1 dan hari 2. Mari kita mulai hari ketiga ini dengan harapan tetap sehat dan tetap ikut melaju ke terminal hari keempat dan menuju lokasi pulang dengan gembira. Eh, saya salah, sudah banyak yang memulai hari ketiganya sejak tadi. Laporan aja kalah, semangat betul! Hahaha

Beberapa orang gagal melanjutkan, jumlahnya sangat sedikit. Kebanyakan juga gagal karena gangguan teknis seperti internet mati, kuota habis, terjebak dimacet. Saya sebenarnya ingin berbaik hati, memberi toleransi dan mengajak tetap berjalan setelah kendala teknis itu selesai, tapi saya takut kawan-kawan lain, penumpanng lain. Hmmmm, bagaimanapun, saya salut sama kalian.

Mari persiapkan lebih matang, jangan posting di ujung-ujung waktu, kalau mati listrik? Kalau komputer kalian mati? Kalau kuota internet kalian habis? Kalau kalian tiba-tiba harus kencan atau menikah? Hayo…. hehe. Manfaatkan waktumu, anak muda. Mari kita songsong hari ketiga #5BukuDalamHidupku. Tepuk tangan buat kalian semua.

Salam, Irwan Bajang.

 

Comments

Home

Komentar

  1. mide berkata:

    saya sedikit kaget ternyata yang ikut banyak, dari blogger buku kayaknya sedikit ya mas :v pos kedua kemaren udah gak jelas susunannya karena yah….klo kerja sampe jam 5 itu ya….capek.